Language Shock di Negeri Jiran


Jadi, sekarang saya mau berbagi cerita tentang kesan-kesan saya setelah saya berkunjung ke Malaysia, kepada orang-orang yang sudi mampir (kayak nama warteg) dan baca tulisan ini. Kalau si Zu mungkin dia lebih membahas ke transportasi, dan biaya, saya yang cuma tukang ngikut ajah mah cuma nulis kesan-kesan aja yak.

Jadi, saya, Nana, Zu, Dhira dan Dini, pergi melancong ke negeri tetangga, di tengah bulan Ramadhan, dari tanggal 3 Juni malam, pulangnya tanggal 5 Juni (Nana dan Dini)dan 6 Juni (Saa, Zu, Dhira).

Kalau kata tante saya, “Ngapain sih lu ke Malaysia pas bulan puasa?”. Gue sih jawabnya sok idealis aja, “Ingin merasakan Ramadhan di negeri lain”, “Tantangan tersendiri berpuasa sambil jalan-jalan di negeri orang”, “Mumpung ada waktu, lagi kagak kerja ini”. Jawaban tersebut memang gak bohong kok, namun alasan utamanya sebenarnya “Karena kita dapat tiket murah!” Wakakakak!.  

Kami sampai di Kuala Lumpur tanggal 3 Juni 2017, jam 10 malam waktu Malaysia. Pipis di toilet bandara, jalan di bandara yang luas, nyari bis ke tempat hotel, beli paket  internet, apalagi saat menuju hotel macet banget, ngina ngini nginu akhirnya sampai deh di daerah tempat hotel (Bukit Bintang) sekitar jam 12 malam. Udah mana ada yang dangdutan lagu Cita Citata. Pak Cik Driver yang nganter kita nanya “Dangdutan dolo lah” sambil jempolnya ke arah kumpulan orang yang joget-joget kesetanan. Pak Cik…, pelislah, ini benar-benar di luar ekspektasi saya. Setidaknya gue ke Malaysia, berharap bukan lagu Cita-Citata lah yang gue denger, minimal lagu Ipin Upin kek yang Boria Suka Suka, eeehhhh malah lagu “Aku mah Atuhhh”! Udah mana pada joget-joget ala dugem seolah itu lagu kayaknya nikmaaat banget.

Balik lagi ke masalah hotel. Pas sampai lokasi kita nyari-nyari “Golden Brick Hotel” kagak nemu-nemu, make google map yang pake navigator itu (berhubung gue buta arah dan gak bisa baca peta, ya urusan baca peta dikasih ke Juju ae), tapi tetep aja gak nemu. Ada sih om-om India sama engkoh2 lagi kongkow sambil kipas-kipas. Berhubung itu kali pertamanya gue ke KL, gak tau gimana karakter masyarakatnya, dan itu udah malem bangeeet, gue takut aja dikerjain pas nanya, jadi males juga nanya.

Tiba-tiba, si Dini dipanggil om-om India, yang kancingnya dibuka dua, Dini balik ke kita dan berbisik “Kak, itu mau ditunjukkin hotelnya”, kita agak ragu, tapi ngikut aja, berhubung kita juga udah nyerah sama petanya. Pas ditunjukkin ama si om-nya. Jreng…jreng…!! Ya Alloh..lorongnya spooky bet, kagak ada plang hotel, sampai gue takut itu jangan-jangan tempat pelacuran. Pas kita teliti, di dinding lorong, tertempel kertas yang gembel bertulisan “Golden Brick Hotel”. Whaaaat! Maneeee gue bisa tau braaaay kalau tulisannya segede upil dan mau sobek gitu!!! Sumpah absurd abis. Losmen murah di Jogja juga gak gitu-gitu amat. Gue ampe lupa foto, mungkin teman-teman gue yang lain punya dokumentasinya.

Disindirlah kita sama om-om yang lagi duduk santé dibangku plastik,  dia berkata berulang kali, “Tanya saja tanya sama siapapon, ini bukan Indonesia, ini Malaysia”. Gue agak bingung maksud dengan maksud pak Cik itu, apa maksudnya ini bukan Indonesia, ini bukan Malaysia. Ternyata kata si Dini, pak Cik itu bilang “Tanya aja, tanya, ini bukan Jakarta, bukan Indonesia, yang banyak penjahat, ini Malaysia”. Itu sih kata Dini, gue gak denger redaksinya secara langsung, kalo gue cuma dengar kalimat terakhir, “Ini Malaysia, bukan Indonesia”. Tapi kalo bener doi bilang gitu, wahhhh matikipe, songong bener. Tapi, gak bisa nyangkal juga sih. Hiks. Di Indonesia memang banyak begal sama penjahat apalagi kalo udah jam segitu. Cuma ya ga usah diucapkan secara verbal sama kita gitu. Kan mana tauuu temen-temen situ beneran tulus…Dan gak semua orang Malaysia baik juga kaaan??

Sebenarnya, agak gak enak juga sih sama om-om India yang udah nolong kami itu, karena udah suudzon.
Dan gue berakhir gak bisa tidur samsek. Akhirnya gue melek sepanjang malem, dan baru bisa tidur abis sahur. FYI, imsak di sana setengah 6, subuhnya jam 5:40, sementara buka puasanya jam 19:30. Allooh…
Tanggal 5 Juni, akhirnya kami keluar hotel jam 9an. Jalan dari depan hotel, ngelewatin  jembatan Pedestrian Walkway yang ber-AC yang panjangnya mirip2 kayak jembatan baswe Semanggi, untuk sampai di taman KLCC, sesampainya di sana kita foto-foto, sambil ngeliat pretonas dan bunga-bunga indah.

Sebenarnya kita melewati Aquaria, semacem kayak seaworld gitu, harganya sekitar 50RM-an, cuma kami sih ga masuk, berhubung masih itung-itung buat beli oleh-oleh. Saran saya sih kalo kalian ke KL ya masuk aja ke Aquaria, kayaknya bagus, mungkin beda tipis kali yah kayak Kaiyuukan-nya Osaka.
Setelah puas di taman KLCC, foto-foto dengan latar belakang pretonas, main jungkat jungkit dan ayunan di taman bermain anak-anaknya *gak tau diri*, kita beranjak melangkahkan kaki mencari masjid untuk shalat Zuhur. Masjid pertama kita adalah masjid Asy Syakirin.

Language shock pertama adalah 'ruang persalinan' yang ada di sudut masjid. Menurut kalian apa yang dimaksud dengan ruang persalinan?
Yap, yang biasa dengan bahasa Melayu pasti langsung paham artinya adalah “Kamar Ganti”.
Kita sempat bobo tjantik di ruang persalinan selama hampir dua jam menjelang zuhur *itu sih bukan ‘sempat’ woi!*. Berpuasa sembari berjalan kaki, lelah juga *halasan kamoh*. Adzan berkumandan, kemudian sang ustad berceramah. Cukup pahamlah dengan bahasanya.  Intinya tentang ibadah berpuasa dan amalan di bulan ramadhan. Di masjid ini abis adzan gak langsung shalat tapi ceramah dulu.

Nah, lepas tu*logat kak Ros*, kita bermusafir ria lagi.  Naik LRT menuju masjid selanjutnya. Namanya masjid Negara Malaysia. 
Kemudian, di sebuah pintu, gue melihat ini:
'UNTUK KAKI TANGAN SAHAJA'. Gak sekalian ditulis 'dan kroni-kroninya'. Jadi inget era orde baru.


Bangsa Malaysia pada dasarnya ramah dan baik. Saat ke masjid, karena gak kebagian tempat shalat, seorang nenek menyuruh saya untuk shalat di sajadah yang telah beliau siapkan. Terus saat bertanya jalan juga mereka ramah. Di angkutan umum sikap mereka juga cukup ramah. Tapi…., saat ada hal yang tidak berkenan, mereka bisa jadi ofensif dengan berkata ‘Ini Malaysia, bukan Indonesia’. Selama 3 hari, saya dua kali mengalaminya. Ya...okela, gue gak melarang kalo menurut lo Indonesia gak se-oke negara lo, tapi gak diucapin juga di depan orang Indonesia keles! Ini juga jadi pelajaran buat gue supaya gak gampang men-judge bangsa lain (seenggaknya gak di depan orangnya LOL). Karena itu sha..kit…*nunjuk dada*.

Dan dari pengalaman pergi ke Malaysia ini, gue jadi berpikir, gak akan ada gunanya jika kita satu sama lain menganggap negeri kita lebih superior, atau menganggap bangsa lain lebih inferior. Seperti yang kita tahu, sejak dulu Malaysia dan Indonesia, emang kurang akur, padahal sama-sama banyak muslimnya, padahal serumpun. Padahal seharusnya hubungannya bisa kayak adik-kakak. Kalo orang2 aja bisa TTM-an, jalan berdua ke emol, sambil saling manggil abang-adek, kenapa Indonesia dan Malaysia enggak?

Untuk selanjutnya kayaknya pingin coba pergi ke Brunei, dan ingin tahu kehidupan masyarakat muslim sana gimana. Juga.., siapa tahu berjodoh dengan putranya Sultan Bolkiah.

Komentar

Postingan Populer